Monday, March 16, 2009

Mengapa Dhea Suka Makan?

Ini bukan pertanyaan yang sama dengan 'Kenapa ada bulu di ketiak?' (LoL).
It's totally different. It's only about both of My kids yang mana saling bertolak belakang (medan magnet kaleee?!).

Dari lahir emang beda banget. nggak ada miripnya. tapi kalo didudukin sih emang rada mirip. mungkin cuma penanda that they are spouse (saudara kandung). Selebihnya...

Let see...
(ps; ini bukan untuk membeda-bedakan anak satu n yang lainnya, truss... lebih membanggakan satu dari yang lainnya. it's just a part of happiness having kids with different characteristic).

Fika lahir bulet ser, merah, rambut hitam-tebel-banyak-panjang. rambutnya cepet numbuhnya, meski dah digundul pas umur 2 bulan.

Dhea lahir item (sekarang kok putih ya?), kecil bulet tapi nggak chubby, panjang, rambut banyak pas lahir tapi kemudian banyak yang rontok. belum pernah dicukur sampai sekarang.

Fika Hiperactive, cenderung tomboy. plus galak

Dhea aktif, cenderung feminim, perasaannya lembut (kata halusnya cengeng). suka mengalah (atau pasrah?)

Fika suka ber eksplorasi dengan tangannya sendiri. ngomong banyak kalo lagi moodnya. dulu bubbling cuma pa-pa, ma-ma, ta-ta, a-bu

Dhea suka mengamati orang lain bereksplorasi. tapi lebih cerewet (bubblingnya banyak variasi).

Fika Cuek.

Dhe sensitif.

Fika makanan padat pertama bubur nestle.

Dhea nggak pernah makan bubur nestle sama sekali (asli bikinan sendiri yang alami).

Fika lebih suka main ketimbang makan.

Dhea akan berhenti maen jika liat makanan.


Nah... point terakhir ini nih yang pengen aku bahas.
Kenapa ya.. Dhea itu begitu antusias jika liat makanan (apa saja)? Seolah-olah motto hidupnya Hidup Makan' atau 'Makan Saja Makanan Yang Ada, Mumpung Ada Di Depan Mata'. bahakan, jika istilah orang yang suka duit dibilangnya 'Mata Duitan' atau 'Matanya Ijo liat Duit', maka buat Dhea istilah itu berubah jaadi 'Mata Makanan' atau 'Matanya Ijo Liat Makanan.

maka jangan heran liat badan Dhea dempal. Suami bahkan takut kalo Dhea kena obesitas dini. Tapi kayaknya enggak deh, wong makanannya kan cukup kejaga. Maksudnya, nggak sembarang makanan boleh dimakan. Bahkan jajan pun juga termasuk jarang. yang jelas, pas aku liat KMS (tapi nggak pernah nimbang di posyandu lagi hehehe). seumuran Dhea bisa obesitas kalo beratnya dah sampek 14 kg. Kalo masih 12 or 13 kg, It's still normal, You know?!

Yang pengen aku aku tahu, mungkin nggak sih ini pengaruh makanan padat pertamanya? coz disitu letak bedanya ama Fika. Fika minum susunya kuat (Dhea juga sih?). Karena susu di Sudan kerasa mahalnay (budget sebulan 25% susu Fika doang!!!), kami mutuskan untuk nyoba ngasih makanan pendamping di umur 4 bulan. Aku n Hubby lalu nyari bubur yang bisa buat anak umur 4 bulan (di indo nggak ada lho yang buat 4 bulan). setelah itu, bisa dibilang 80 % makanan Fika bubur pabrik semacam bubur nestle.

Sedangkan Dhea, makanan padatnya dimulai saat usianya 6 bulan. Aku mewanti-wanti pengasuhnya agar dikasih bubur bikinan sendiri. selain alami, gizinya aku yakin lebih banyak. karena nggak kena sentuhan pabrik. Padahl, kakak iparku beliin berkardus-kardus bubur nestle. Aku ogah makenya. emang sih, mubadzir.tapi aku harus konsisten. Namanya juga aku pengen anak2ku suka makan sayur. jadi banyakan aku kasih sayur. terutama kentang.

jadilah, Dhea sekarang yang dempal, gembul plus chubby. kalo liat MPku, trus liat foto2 terbaru yang aku upload di FS, pasti keliatan banget deh bedanya, si Dhea yang nangis sampe mulutnya nganga lebar banget sedang badannya kurus kecil (see My MP), trus ama Dhea yang di FS dengan gaya gosok gigi pake baju kuning. jauuuuh beda.

Eniwe... aku seneng banget punya anak yang endut kayak Dhea. Ini juga ngurangi beban psikologis dalam menghadapi anak yang susah makan macam Fika.

Tapi, kabar baik. orang-orang dah bilang Fika sekarang keliatan gemukan. Alhamdulillah, hilang deh bebanku. meski tiap hari harus bekerja keras meluncurkan berbagai trik buat ngatasi problem anak susah makan.

~Violet Angel~

No comments: